MENGENAL ARUS UANG. Untuk bisa melihat apakah Anda orang miskin, orang kelas menengah atau orang kaya, tidak bisa hanya dengan melihat jumlah penghasilannya. Yang lebih penting adalah dari mana uang itu berasal dan kemana mereka pergi. Arus uang itulah yg menentukan apakah Anda ini orang kaya atau orang miskin.

Arus kas ada 3 macam yaitu:
1. Arus kas si miskin,
2. Arus kas menengah
3. Arus kas horang kaya.

Berapapun jumlah penghasilan Anda, jika arus kas Anda merupakan arus kas orang miskin, maka Anda orang miskin. Memiliki tingkat stress seperti orang miskin yg selalu kekurangan uang. Jika arus kas Anda merupakan arus kas kelas menengah, maka Anda adalah kelas menengah. Begitu juga arus kas orang kaya hanya dimiliki orang kaya yang umumnya bebas stress.

Kalau Anda ingin menjadi orang kaya, maka arus kas Anda harus arus kasnya orang kaya. Cuma itu caranya, bukan dengan bersusah payah menciptakan strategi untuk mencari penghasilan besar. Penghasilan besar tidak bisa membuat Anda kaya.

ARUS UANG ORANG MISKIN
Arus uang orang miskin memiliki 2 ciri :
1. Penghasilannya berasal dari pekerjaan (penghasilan aktif).
2. Setiap bulan habis untuk kebutuhan.

Tidak peduli berapapun penghasilan Anda, mungkin 1 juta, mungkin 10 juta atau 100 juta sebulan bahkan 1 milyar. Kalau memenuhi 2 kriteria tadi, *penghasilan berasal dari pekerjaan Anda dan setiap bulan habis, Anda termasuk orang miskin*.

Mungkin Anda tinggal di rumah di gang sempit, atau di sebuah rumah besar di kompleks perumahan mewah. Kalau penghasilan anda berasal dari pekerjaan dan setiap bulan habis, Anda adalah orang miskin !!.

ARUS UANG KELAS MENENGAH
3 ciri arus uang si menengah:
1. Penghasilannya diperoleh dari pekerjaan (penghasilan aktif).
2. Penghasilannya lebih besar dibandingkan biaya hidup bulanan.
3. Kelebihan penghasilan biasanya dibelikan beban, bukan aset.

Pemilik arus kas kelas menengah ini seringkali mudah jatuh lagi ke arus kas orang miskin akibat beban terus ditambah.

Kelebihan penghasilannya seringkali dibelikan beban seperti rumah, mobil atau motor tambahan sehingga semakin lama beban hidupnya semakin tinggi.

Coba perhatiin para artis, banyak artis yang hasilnya milyaran tapi sering mengeluh kehabisan duit tiap bulannya.

Ada dokter specialis yang pasiennya ribuan, masih mengeluh banyak hutang

Oh iya, ternyata salah satu penyebab terbesar kembalinya arus kas kelas menengah ke arus kas orang miskin adalah rumah dan mobil. Renovasi ini itulah gonta ganti mobil.

Supaya merasa nyaman, supaya dianggap sukses, status naik dan lain lain. Padahal itu ga ngaruh sama sekali sebenernya, tapi orang berlomba lomba mengejarnya….hahahaha

PENCARI IMPIAN berubah JADI MIMPI BURUK KEUANGAN

Konon hiduplah seorang pemuda yg baru dapat pekerjaan. Pada saat kita masih muda, biasanya cashflow kita adalah cashflow orang miskin. Kita indekos, naik motor, uang habis untuk rokok. Kalau punya uang beli jisamsu, dan cepat habis karena dipamerkan.

Kemudian dapatlah pujaan hati. Seorang guru perempuan yg sdh mendapat tunjangan mengajar. Gaji besar, digabung menjadi tambah besar. Hidup seperti surga, gaji dua orang lebih dari cukup untuk hidup berdua di kos kos an. Mulailah rasan rasan utk membeli rumah sendiri. Apalagi mertua sanggup membayar uang muka.

Mereka mulai hidup dengan beban cicilan. Setelah lahir si bayi, pengeluaran untuk susu meningkat. Si pemuda mulai ambil lembur untuk mengatasi hal itu. Kemudian lahir bayi ke dua. Diputuskan isteri ambil S2 supaya bisa jadi kepala sekolah. Penghasilan meningkat, rumah dibesarkan, pengeluaran meningkat lagi. Terus kejar kejaran antara pemasukan dan pengeluaran. Seperti lari diatas treadmill.

ARUS UANG ORANG KAYA

Ciri arus uang orang kaya adalah, “penghasilannya dari hasil aset” “bukan dari pekerjaan.”

Asetnya bisa berupa saham, Investasi, obligasi, real estate, bisnis yang dikerjakan orang lain. Biasanya disebut passive income

Jadi bagaimanapun mewahnya kehidupan Anda, selama uang yang Anda gunakan untuk penghidupan itu berasal dari pekerjaan Anda. Anda tidak bisa digolongkan orang kaya. Anda baru bisa disebut orang kaya jika penghasilan Anda berasal dari aset yang sebelumnya Anda bangun.

Bagaimana caranya? justru ini saya lagi belajar
Capek euy abis mulu tiap bulannya…. kita lanjut besok bahasanya