Ada satu persamaan dari Orang kaya, apa itu? Kalau dia tidak kaya dari property, ya setelah kaya dia pasti beli property. Dan yang pasti orang kaya punya property. Saya engga pernah ketemu orang kaya yang engga punya property. Silahkan cek disekitar anda. Sebagian bahkan bertambah kaya karena nilai property nya naik banyak.

Pertanyaannya, kenapa property?

Karena:

  1. Harga cenderung naik dan lebih stabil. Pernahkah harga property turun? Pernah. Tapi pernahkan nilai property turun 50%? Tidak pernah. Situasi pandemi sekarang pun koreksinya hanya 15-20% (kecuali yang jual kepepet BUC). Kalau harga Saham pernah turun? Banyak. Contohnya saham BUMI dari IDR 8.750/saham di 2008 hari ini dikisaran IDR 50/saham. Harganya yang Jarang Turun Membuat Properti Dilirik sebagai Pilihan Investasi.
  2. Anti inflasi. Properti termasuk pilihan investasi yang paling menarik. Seperti yang Anda tahu jumlah properti yang ada dan jumlah penduduk yang membutuhkannya tidaklah sebanding. Kondisi yang ada saat ini adalah pertumbuhan jumlah penduduk jauh lebih cepat daripada properti. Hal inilah yang menyebabkan harga property cenderung naik melebihi laju angka inflasi.
  3. Kebutuhan primer, yang cari banyak. Kebutuhan terhadap properti atau papan, bersama sandang dan pangan termasuk kebutuhan primer manusia. Artinya setiap orang membutuhkan properti, yang dalam bahasan ini yang dimaksud properti adalah tempat tinggal. Tanpa tempat tinggal orang tidak bisa hidup normal. Contoh yang paling gampang adalah seseorang akan menjadi gelandangan jika tidak memiliki tempat tinggal.
  4. Belinya bisa hutang. Belinya tidak harus cash. Berdasarkan data Bank Indonesia, 70% masyarakat memilih menggunakan pinjaman KPR untuk membeli rumah hunian pribadi. Property lebih baik dari saham atau reksadana karena punya leverage, yaitu untuk bisa membeli properti lewat pembiayaan perbankan atau lewat hutang bank.
  5. Bisa dijaminkan. Dalam proses pengajuan kredit, calon kreditor sering diminta untuk menyiapkan aset yang dapat dijadikan agunan atau jaminan atas kredit yang diberikan bank. Aset ini kadang diperlukan jika nilai kredit yang diajukan cukup besar. Dan yang bisa dijadikan agunan yang paling disenangi oelh bank adalah sertifikat tanah dan rumah
  6. Belinya bisa lebih murah dari nilai sebenernya.
    Anda bisa mendapatkan properti di bawah harga pasar dengan membeli properti dari orang yang memang berniat menjual propertinya. Mereka berniat menjual propertinya karena berbagai alasan, mungkin saja karena sedang membutuhkan uang untuk berbagai keperluan. Jika seseorang sedang membutuhkan uang ketika menjual propertinya maka dia akan terbuka untuk negosiasi harga, sehingga Anda berpeluang untuk mendapatkan harga yang bagus. Karena untuk menjual properti dengan harga normal biasanya amat sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini terkait dengan sifat properti yang tidak likuid yaitu tidak bisa diuangkan dalam waktu cepat. Memang ada orang yang kurang berkenan dengan kondisi ini. Mereka menganggap bahwa seorang investor properti seperti memanfaatkan kesusahan orang lain untuk mendapatkan untung. Tapi, itu berpulang kepada Anda.
  7. Bisa ditempati atau dinikmati tanpa harus dijual. Itulah salah satu kelebihan yang dimiliki property yang kita miliki. Anda bisa memiliki dan menempati rumah yang anda beli di Digital Islamic Residence Sokaraja dengan harga 600 jt yang bisa diangsur selama 5 tahun tanpa bunga. Bayangkan kalau anda punya emas batangan seharga 600 jt anda tidak bisa menikmati sebelum anda menjual emasnya. Atau apakah anda bisa atau mau menyewakan emas yang anda miliki?
  8. Property ada 2 potensi keuntungan. Keuntungan yang pertama adalah capital gain yaitu keuntungan dari kenaukan harga properti setiap tahunnya yang angka kenaikkan normalnya melebihi laju inflasi. Keuntungan yang kedua adalah properti memiliki nila yield dari sewa. Hasil sewa ini yang bisa jadi passive income agar bisa pensiun muda dan kaya.

Udah jelaskan?

Yuk invest di property 😊

Ada banyak pilihan investasi properti yang sesuai dengan keingnan anda. Dan ini bisa anda dapatkan di www.centralproperty.co.id